***Mohon maaf atas ketidak nyamanan anda untuk mendapatkan informasi melalui Website Kami, karena masih dalam perbaikan, terimaksih***
Profil Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, Updated : Mei 2011

PROFIL KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KOTA BALIKPAPAN

A.   Sekilas tentang Kota Balikpapan

Kota Balikpapan merupakan salah satu kota yang menjadi pintu gerbang propinsi Kalimantan Timur, letaknya yang startegis menjadikannya sebagai tempat persinggahan warga Kalimantan Timur.

Secara umum Kota Balikpapan memiliki luas wilayah 503,3 km2/ 50.330,57 ha (0.24% wilayah Kaltim), letak geografis Kota Balikpapan adalah 1,00 Lintang Utara 1,50 Lintang Selatan dan 116,0 Bujur Timur 117,0 Bujur Timur.

Batas wilayah Kota Balikpapan adalah sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara, sebelah Selatan berbatasan dengan Selat Makasar, sebelah Timur berbatasan dengan Selat Makasar dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara.

Perkembangan Kota Balikpapan yang pesat, masyarakat Balikpapan secara langsung terjadi kulturasi berbagai budaya dan suku di Indonesia, yang tercermin sebagai bahasa pengantar yang di gunakan adalah bahasa Indonesia. Wujud Implementasi warga Balikpapan dalam rangka memelihara, menjaga dan meningkatan integritas, kondusifitas Kota Balikpapan sesuai motto Balikpapan Ku Bangun, Ku Jaga dan Ku Bela.

Pemerintah Kota Balikpapan juga meningkatkan serta menanamkan nilai guyub dan kebersamaan warganya sehingga mampu mengikat rasa persaudaraan antar suku dan agama, menjadikan pondasi terbangunnya Kota Balikpapan sebagai Kota Bersih, Indah, Aman dan Nyaman (BERIMAN) serta menggalakkan budaya bersih dan berwawasan lingkungan sehingga menjadi ciri masyarakat Balikpapan yang terakomodir dalam program Clean, Green and Healthy City untuk mewujudkan Kota Balikpapan menjadi Kota Madinatul Iman.

Dalam mewujudkan program kerjanya, Pemerintah Kota Balikpapan mengandeng Perusahaan, LSM dan Instansi yang berada di Kota Balikpapan, salah satunya adalah Kementerian Agama Kota Balikpapan.

Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan berdiri sejak tahun 1950, siap mendukung program kerja Pemerintah Kota Balikpapan dalam mewujudkan Balikpapan Madinatul Iman. Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan yang beralamat di Jalan Mayjend D.I. Panjaitan RT 006 nomor satu (1) Kelurahan Gunung Samarinda Kecamatan Balikpapan Utara yang sekarang di pimpin oleh Drs. H. Saifi, M.Pd mempunyai sejarah panjang hingga akhirnya berubah nama menjadi Kementerian Agama.

 

B.   Sejarah Singkat Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan

Cikal Bakal Kementerian Agama di Balikpapan sejak tahun 1950 dengan nama Jawatan Urusan Agama Bagian Kenaiban dan berpusat di Jakarta yang dipimpin oleh KH. M. Sukri. Lalu pada tahun 1963 hingga 1970 berubah menjadi Kantor Urusan Agama Kecamatan Balikpapan Kota yang di pimpin oleh KH. Abdurrahim Noor dengan alamat kantor di rumah pribadi beliau (sekarang berada di jalan Letjen Suprapto).

Pada tahun 1970 Kantor Urusan Agama Kota Balikpapan berubah menjadi Kantor Inspeksi Agama yang terdiri dari tiga bagian. Pertama Kantor Inspeksi Pendidikan Agama yang di pimpin oleh H. M. Jacub berkantor di salah satu ruangan PGA kurang lebih selama enam tahun dan sekarang menjadi gedung sekolah dari yayasan Ibnu Khaldun, berada di jalan Semoi Kelurahan Margasari Kecamatan Balikpapan Barat. Kedua Kantor Inspeksi Urusan Agama yang dipimpin oleh KH. Abdurrahim Noor, dan yang ketiga adalah Kantor Inspeksi Penerangan Agama yang dikepalai oleh H.M. Ilham Seman.  Kedua kantor tersebut berkantor di rumah pribadi KH. Abdurrahim Noor.

Tahun 1971 Kantor Inspeksi Agama yang terdiri dari tiga bagian pernah menjadi Kantor Dinas Agama sesuai dengan bidangnya masing-masing, setahun berikutnya tepatnya tahun 1972 Kantor Dinas Agama kembali nama menjadi Kantor Inspeksi Agama.

Pada tahun 1973 dibentuk Perwakilan Departemen Agama Kota Balikpapan yang berinduk pada Perwakilan Departemen Agama Provinsi Kalimantan Timur di Samarinda. Ketiga Kantor Inspeksi Agama yang telah ada sebelumnya melebur menjadi Seksi ke dalam Perwakilan Departemen Agama Kota Balikpapan, guna memperlancar program kerja dan operasional Kantor Perwakilan Departemen Agama.  Pemda Balikpapan memfasilitasi dengan meminjamkan tempat eks Kantor Camat Balikpapan Barat, sekarang menjadi Gedung Pertemuan Kecamatan Balikpapan Barat, sebagai tempat operasionalnya. KH. Abdurrrahim Noor menjabat sebagai kepala kantor selama satu tahun. Kemudian dilanjutkan oleh H.M. Jacub sebagai kepala kantor selama empat tahun.

Tahun 1974 Kantor Perwakilan Departemen Agama Kota Balikpapan pindah tempat dengan beralamatkan di Jalan Letjend. Suprapto Kecamatan Balikpapan Barat, dimana lokasi tersebut merupakan bantuan pemerintah Kota Balikpapan untuk dipinjamkan, dan dengan menggunakan dana APBN Pusat dibangunlah Kantor BP4 (Gedung Balai Nikah) Balikpapan.

Pada tahun 1977 Kantor Perwakilan Departemen Agama Kota Balikpapan resmi berubah nama menjadi Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan.  

Dengan alokasi dana bantuan dari pemerintah pusat dan melalui APBD Propinsi Kalimantan Timur, pada tahun 1979 Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan dapat melakukan pengadaan tanah seluas 1.906  M2 di jalan Mayjen. D.I Panjaitan nomor 1 Kelurahan Gunung Samarinda Kecamatan Balikpapan Utara, sehingga pada tahun 1980 terealisasi pembangunan Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan, Rumah Dinas Kepala Kantor dan Rumah Dinas Kepala Sub Bagian Tata Usaha.  Pada tahun yang sama berdiri juga Kantor Urusan Agama Kecamatan Balikpapan Seberang di tanah wakaf Penghulu H. Tahir dibangun dengan menggunakan dana APBN.

Untuk membantu program kerja dan meningkatkan penerangan dan pelayan kepada masyarakat, dibentuklah Kantor Urusan Agama di masing-masing kecamatan yang ada di Kota Balikpapan, yaitu Kantor Urusan Agama Kecamatan Balikpapan Barat, Kantor Urusan Kecamatan Balikpapan Timur dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Balikpapan Utara.

Pada tahun 1979 dibangun KUA Balikpapan Seberang (sekarang masuk wilayah Penajam Paser Utara) di atas tanah wakaf Penghulu H. Tahir dengan menggunakan dana APBN. KUA tersebut akhirnya masuk ke dalam wilayah Kabupaten Paser (Tanah Grogot) pada tahun 1990 dan akhirnya masuk ke dalam wilayah kabupaten pemekaran Penajam Paser Utara.

Eks Kantor Urusan Agama Kecamatan Balikpapan Seberang sekarang menjadi Kantor Kesekretariatan bersama MUI Kabupaten PPU, BAZ Kabupaten PPu dan FKUB Kabupaten PPU.

            Pada tahun 2010, melalui Peraturan Presiden No. 47 Tahun 2009 yang merupakan implementasi dari UU No. 39 TAhun 2008, nama semua Departemen berubah menjadi Kementerian.  Begitu juga dengan Departemen Agama Republik Indonesia, berubah menjadi Kementerian Agama Republik Indonesia, maka Departemen Agama Kota Balikpapan juga berubah menjadi Kementerian Agama Kota Balikpapan.

Berikut adalah nama-nama Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan dari masa ke masa :

1.    KH. Abdurrahim Noor menjabat dari tahun 1973 1974

2.    H.M. Jacub menjabat dari tahun 1974 1978

3.    Drs. H. Zarkasyi Achmad menjabat dari tahun 1978 1985

4.    Drs. H. Abdul Muis Abdullah menjabat dari tahun 1985 1996

5.    Drs. H. Abdul Hamid Umar menjabat dari tahun 1996 1997

6.    Drs. H. M. Yusri Idris menjabat dari tahun 1998 2001

7.    Drs. H. Abdul Samad Bullah menjabat dari tahun 2001 2006

8.    Drs. H. M. Kusasi, M.Pd menjabat dari tahun 2007 2008

9.    H. Sulaiman, SH menjabat dari tahun 2008 2010

10. Drs. H. Saifi, M.Pd menjabat dari tahun 2011 - sekarang

 

Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan saat ini memiliki lima Kantor Urusan Agama (KUA) sesuai keberadaan Kecamatan yang ada di Balikpapan, yaitu :

1.    Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Timur

     KUA Balikpapan Timur berdiri pada tahun 1980 berada di Sepinggan, dikarenakan pelebaran jalan menuju Bandara Sepinggan tahun 1993 oleh Pemerintah Kota Balikpapan, KUA Balikpapan Timur di relokasi ke Jln. Belibis RSS Damai III dan dibangun menggunakan dana APBD Pemerintah Kota Balikpapan tahun 1996.

       Pembangunan KUA Balikpapan Timur menggunakan APBD Pemerintah Kota Balikpapan sebagai kompensasi pergantian tanah dan bangunan KUA Balikpapan Timur yang terkena pelebaran jalan.

       Dengan diberlakukannya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 38 Tahun 1996, maka sejak tanggal 24 Februari 1997 Kota Balikpapan dimekarkan dari tiga Kecamatan menjadi lima Kecamatan, yang menyebabkan KUA Balikpapan Timur berpindah kantor pelayanan yang semula beralamatkan di Jl. Belibis Ring Road Kec. Balikpapan Selatan maka pada tahun 2004 dengan menggunakan Anggaran Kementerian Agama Pusat dan lokasi yang di pinjamkan oleh Pemerintah Kota Balikpapan, Kantor Urusan Agama Balikpapan Timur di Jl. Persatuan RT. 03 Manggar di bangun.


KUA Balikpapan Timur


Alamat                 :           Jl. Persatuan RT.03 Manggar

                                        Balikpapan Timur

Telepon                :           (0542) 7210619

Tahun Berdiri        :           2004

Kepala KUA        :           Yahya Bakhruddin, SAg

Jumlah Pegawai    :           -   PNS          :   3 orang.

                                        -   Honor       :   -

Luas Tanah           :           500 m2 (Pinjam Pakai)

Bangunan             :           80 m2 (Milik Kementerian Agama)

 

2.    Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Selatan

   Menelusuri sejarah KUA Balikpapan Timur dan merujuk Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 38 Tahun 1996 tentang pemekaran Kecamatan di Kota Balikpapan, maka pada tahun 1997 KUA Kecamatan Balikpapan Selatan sudah mulai beroperasi dan berkantor di Jln. Belibis RSS Damai III

 

KUA Balikpapan Selatan



Alamat                :           Jl. Belibis RSS Damai III RT.001

                                      Gunung Bahagia Balikpapan Selatan

Telepon               :           (0542) 7871651

Tahun Berdiri       :           1996

Kepala KUA       :           H. Shaleh, SAg.

Jumlah Pegawai   :           -    PNS       :  5 orang.

                                       -    Honor    :  -  

Luas Tanah           :           600 m2 (Pinjam Pakai)

Bangunan             :           80 m2 (Pinjam Pakai).

 

3.    Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Tengah

Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Tengah berdiri merujuk pada Peraturan pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 1996 dan mulai tanggal 24 Februari 1997 Kota Balikpapan dimekarkan dari 3 Kecamatan menjadi 5 Kecamatan salah satunya Kecamatan Balikpapan Utara mekar menjadi Kecamatan Balikpapan Tengah dan mulai beroperasi pada tahun 2004.

 

 KUA Balikpapan Tengah


 

Alamat                 :           Jl. Letjend S. Parman RT. 036

                                         Balikpapan Tengah

Telepon               :           (0542) 7426454

Tahun Berdiri       :           2004

Kepala KUA       :           Drs. H. Abdul Kadir Saleh

Jumlah Pegawai   :           -           PNS     :   3 orang.

                                       -           Honor  :   2 orang.

Luas Tanah           :           700 m2 (Pinjam Pakai)

Bangunan             :           105 m2 (Pinjam Pakai)

 

4.    Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Barat

Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Barat berdiri tahun 1977 bersamaan dengan berdirinya Kantor Departemen Agama Kota Balikpapan.  Di tahun 1980 dengan Bantuan dan fasilitas Pemerintah Kota Balikpapan Kantor KUA Balikpapan di bangun sekarang beralamatkan di Jl. Adil Makmur RT 18/01 Baru Ilir.

 

KUA Balikpapan Barat



Alamat                 :           Jl. Adil Makmur RT.18/01, Baru Ilir

                                         Balikpapan Barat

Telepon                :           (0542) 7423708

Tahun Berdiri       :           1983

Kepala KUA        :           H. M. Sakka, S.Pd.I

Jumlah Pegawai   :           -           PNS     :   2 orang.

                                       -           Honor  :   2 orang.

Luas Tanah           :           718 m2 (Sertifikat Hak Pakai)

Bangunan             :           80 m2 (Milik Kementerian Agama)

 

5.    Kantor Urusan Agama (KUA) Balikpapan Utara

KUA Balikpapan Utara yang beralamatkan di Jl. Soekarno Hatta Km 4,5 Kelurahan Batu Ampar berdiri sejak tahun 1977, dan pada tahun 1980 dengan wakaf tanah dari H. Salim Umar dan menggunakan dana APBN Kementerian Agama Pusat gedung KUA Balikpapan Utara dibangun.


KUA Balikpapan Utara


 

Alamat             :           Jl. Soekarno Hatta Km.4,5 RT. 002 Batu Ampar

                                    Balikpapan Utara

Telepon            :           (0542) 734183

Tahun Berdiri    :           1980

Kepala KUA    :           Sirojuddin, S.Ag

Jumlah Pegawai:           -           PNS     :   5 orang.

                                    -           Honor  :   -

Luas Tanah       :           215 m2 (Sertifikat Wakaf)

Bangunan         :           80 m2 (Milik Kementerian Agama)